PENTINGNYA PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SESUAI DENGAN PRINSIP & TATA NILAI PERUSAHAAN

Pagi ini saya membuka sesi materi GCG & COC dengan perkenalan diri dan cerita “hook” tentang prinsip & tata nilai yang telah peserta dapatkan pada hari pertama pelatihan.  “Rekan-rekan semua masih ingat tidak dengan cerita dari Ibu Yani Panigoro kemarin? Rekan-rekan ingat tidak apa yang telah disampaikan oleh Pak Susbandono kemarin?”

Ibu Yani Panigoro bercerita tentang perkembangan bisnis MEDCO Group dari awal berdiri hingga berkembang saat ini dari Sabang – Merauke.  Diceritakan bahwa Pak Arifin Panigoro punya karakter yang kuat, kemauan untuk membangun bisnisnya di bidang Minyak & Gas, padahal beliau bukan dari latar belakang pertambangan, melainkan seorang lulusan Teknik Elektro.
Pak Arifin Panigoro waktu itu juga tidak punya rencana akan sampai berkembang bisnisnya dari Sabang – Merauke bahkan dibeberapa Negara lain.  Tidak ada yang tahu, saya pun juga tidak tahu jalan pikirannya beliau, tapi karena prinsipnya sangat kuat, intuisi dan inovasi menjadi kekuatan sudah melekat.

Kemudian Pak PM Susbandono kemarin bercerita tentang tata nilai, bagaimana tentang nilai-nilai yang kita miliki ini berkembang, dimana culture bangsa melebur menjadi nilai dan perilaku seseorang.  Seperti budaya orang Singapura dan budaya orang Jepang.  Kita harus akui bahwa Singapura itu lebih baik dari orang Indonesia terkait nilai dan perilakunya karena sistem yang mengatur, ada aturan-aturan yang mengikat mereka, pemerintah juga tegas terhadap penegakan pelanggaran.  Jepang pun lebih baik dari Indonesia dan Singapura karena ternyata karakter mereka terbangun dari rasa tanggungjawab yang tinggi, masing-masing orang disana memiliki tanggungjawab yang luar biasa dan memiliki kepercayaan yang tinggi.

Lalu apa hubungannya dengan GCG & COC? GCG & COC itu apa?
GCG atau kepanjangannya adalah Good Corporate Governance. GCG adalah proses dan struktur yang ditetapkan dalam menjalankan perusahaan, dengan tujuan utama meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang, dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders yang lain.

Ada proses dan struktur yang merupakan sistem terkait dengan peningkatan nilai-nilai.  Perusahaan MEDCO dibangun dengan prinsip dan nilai yang baik oleh pendirinya Pak Arifin Panigoro, dan tentu saja supaya perusahaan ini terus maju untuk jangka waktu lama kedepannya.  Oleh karena itu diperlukan suatu sistem atau seperangkat yang mengatur berdasarkan prinsip & nilai-nilai yang dikembangkan dimana merupakan karakter kuat sebagai value-nya perusahaan.

Sistem yang diatur berdasarkan prinsip dan tata nilai MEDCO yaitu Professional, Terbuka, Etis & Inovatif ini idealnya harus dianut oleh seluruh karyawan agar memiliki nilai-nilai yang baik sehingga bisa terus mengembangkan bisnisnya jangka panjang.  Perusahaan punya nilai yang baik dengan GCG yang baik maka akan meningkatkan brand image perusahaan untuk eksternal agar terus dipercaya.
GCG merupakan Separangkat peraturan yang mengatur hubungan yang berkaitan dengan hak dan kewajiban dari  :
  • Pemegang Saham
  • Pengurus (Pengelola) Perusahaan
  • Pihak Kreditor,
  • Pemerintah,
  • Karyawan, serta
  • Para Pemegang Kepentingan Internal & Eksternal lainnya seperti: Pelanggan; Supplier; Masyarakat; dll

Pengelolaan perusahaan tidak dapat dilepaskan dari aturan-aturan main yang selalu harus diterima dalam pergaulan sosial, baik aturan hukum maupun aturan moral atau etika. Pembentukan citra yang baik terkait erat dengan perilaku perusahaan dalam berinteraksi atau berhubungan dengan para pemangku kepentingan (Stakeholder).
Mengapa perusahaan harus menerapkan GCG:
  1. Menjamin keputusan strategik dapat dilakukan dengan benar dan efektif
  2. Mencegah terjadinya benturan kepentingan (conflicts of interest) berbagai pihak
  3. Menjaga agar kepentingan manajer puncak selalu sejalan dengan kepentingan stakeholders
  4. Meningkatkan kinerja perusahaan dan nilai pelaksana GCG.

Prinsip utama GCG terdiri dari:
  1. Transparansi
  2. Akuntabilitas
  3. Responsibilitas
  4. Independensi
  5. Kewajaran & Kesetaraan
MEDCO sendiri ternyata sudah menerapkan prinsip-prinsip GCG sesuai prinsip dan tata nilai yang dikembangkan oleh Pak Arifin Panigoro berdasarkan nilai-nilai Professional, Terbuka, Etis dan Inovatif.  Dan kita sebagai karyawan harus mampu memahami, menyerap (internalisasi) dan menerapkan prinsip bisnis, tata nilai dan GCG yang telah diterapkan di lingkungan MEDCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar