Human Resources Management System

apa itu Human Resources Management System??
Apakah sama dengan Personalia / HRD / HRM / Bagian SDM??
Human Resources Management System adalah sebuah perangkat sistem yang secara fungsional membantu dalam proses pengelolaan SDM secara optimal. 
Sedangkan Personalia/HRD/HRM/Bagian SDM merupakan struktural organisasi didalam perusahaan yang bertanggungjawab dalam pengelolaan SDM.

Apabila saya menjelaskan didalam pelatihan kompetensi HR (tentang training HR <klik disini>), maka saya akan memberikan pemahaman dasar didalam Implementasi HRD didalam peran area kerjanya.  Dalam implementasi HRD, maka anda harus paham secara Struktural, Fungsional dan Manajerial.

  • Struktural, HRD merupakan bagian dari komponen organisasi yang memiliki pengelolaan sistem didalamnya serta memiliki hubungan horizontal dengan divisi-divisi lainnya, dan memiliki hubungan tanggungjawab kepada manajemen.  Secara struktural HRD diperusahaan bertanggungjawab terhadap pengelolaan aset perusahaan.  Oleh karena itu banyak dijumpai model implementasi HR untuk pengelolaan aset berupa SDM, dan model Implementasi GA (General Affairs) untuk pengelolaan aset berupa inventaris dan fasilitas kebutuhan.  Sehingga sering pula didalam suatu perusahaan dijumpai adanya divisi HR&GA.   Secara struktural HRD dapat terbagi menjadi beberapa komponen sub-divisi sesuai dengan lingkup area pengelolaannya, seperti:
  1. Recruitment Spesialist, Sub-divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap sistem perencanaan, dan seleksi karyawan.
  2. Training Management, Sub-divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap sistem perencanaan, pengelolaan dan pengembangan program training untuk karyawan sesuai kebutuhan organisasi
  3. Performance Apparaisal and Career Management, Sub divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap penilaian kinerja dan pengelolaan sistem karir jabatan
  4. Personel Management, Sub divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap personal data base dan penyelenggaraan administrasi pengelolaan SDM didalam organisasi.
  5. HR Legal and Industrial Relationship, Sub-divisi HRD  yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan sistem ketenagakerjaan dan hubungan kerja secara legal.
  6. Reward and Remuneration, Sub-Divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan sistem pengupahan sesuai dengan klasifikasi jenjang jabatan.
  7. Organizational Development, Sub-divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan sistem pengembangan organisasi yang terukur searah dengan visi dan misi perusahaan
  8. Terminating Management, Sub-Divisi HRD yang bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pengelolaan persiapan masa pensiun karyawan.

  • Fungsional, HRD merupakan divisi yang memiliki peranan secara fungsional dalam perencanaan, pengelolaan,dan  pengembangan SDM sesuai dengan arah visi dan misi perusahaan serta memiliki fungsi strategik dalam pengembangan bisnis perusahaan.

  • Manajerial, HRD merupakan divisi didalam organisasi yang memiliki peran startegis dengan arah tujuan manajemen, memiliki daya dorong dalam pengarahan divisi-divisi lainnya untuk memaksimalkan kinerjanya secara optimal serta berperan aktif dalam pengendalian dan integrasi sistem manajemen yang ada didalam organisasi agar terarah sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan.

Human Resources Management System
adalah sistem didalam divisi HR yang secara sistematis mengatur proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian dan pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka pencapaian tujuan keberhasilan organisasi secara efektif, efisien dan optimal.
Sistem adalah seperangkat atau tatanan yang mengatur suatu proses atau tahapan yang secara implikatif berjalan secara sistematis untuk pencapaian tujuan.
slide presentasi 1


slide presentasi 2
slide presentasi 3






slide presentasi 4

slide presentasi 
jadi apakah semua strategi HRMS itu harus dilakukan di ranah praktisi anda? tentu saja tidak, maka anda harus menyesuaikan strategi diatas sesuai dengan ruang lingkup kebutuhan pengelolaan SDM di tempat anda bekerja.
selamat berimplementasi !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar