Isu-isu strategis yang berkembang dalam human
capital adalah karyawan sebagai aset bagi perkembangan
organisasi. Peran manajemen SDM semakin berkembang, tumbuh dan meluas
serta semakin kritikal dalam strategi dan bisnis. Karyawan sebagai
penggerak dinamika organisasi untuk dapat menciptakan persaingan organisasi.
Karyawan sebagai human capital memiliki aspek psikologis yang
memiliki kekuatan positif untuk meningkatkan organisasi dan kinerja untuk
menuju kesuksesan organisasi .
Perkembangan manajemen SDM
mengarah pada tantangan-tantangan strategis kualitas tenaga kerja. Perusahaan yang
memandang pentingnya faktor human capital memiliki sistem
pengelolaan SDM dalam melejitkan karir karyawannya. Hal tersebut memacu
motivasi untuk memberikan kinerja optimal sesuai dengan tuntutan organisasi. Karyawan
diharapkan mampu berkarir dengan baik sesuai dengan kinerja yang ditunjukkan.
Berkarir dengan performa sesuai dengan potensi dan tuntutan jabatan. Performa
dan potensi tersebut mempengaruhi kesuksesan karir di tempat kerja.
Isu-isu penting berkaitan dengan kesuksesan dan karir
seseorang dalam pekerjaan adalah keterkaitan faktor kepribadian dan modal
psikologis. Karir berkaitan dengan faktor kepribadian yang melekat dalam diri
individu. Tantangan-tantangan penelitian yang berorientasi pada psikologi
positif di tempat kerja semakin berkembang. Psikologi positif yang
dimaksud sebagai aset terpenting yang dimiliki karyawan dapat berupa keyakinan
diri, harapan, optimis dan resiliensi (Luthans, 2002, 2005; Avey, Luthans &
Jensen, 2008; Avey, Reichard, Luthans & Mhatre, 2011). Perlunya
keyakinan, harapan, optimis dan resiliensi dapat dimiliki karyawan untuk
menciptakan kinerja yang maksimal (Mortazavi, Yazdi & Amini, 2012).
Referensi:
Avey,
J. B., Luthans, F., & Jensen, S. M. (2008). Psychological Capital: A
Positive Resources For Combating Employee Stress And Turnover. The
Journal Of Human Resources Management, 48 (5), 677-693.
Avey,
J. B., Reichard R. J., Luthans, F. & Mhatre, K. (2011). Meta-Analysis
Of The Impact Of Positive Psychological Capital On Employee Attitudes,
Behaviors, And Performance. Journal Of Human Resources Development
Quarterly, 22 (2), 127-152.
Luthans,
F. (2002). The need for and meaning of positive organizational behavior. Journal
of Organizational Behavior, 23, 695–706.
Luthans,
F., Avolio, B. J., Walumbwa, F. O., & Li, W. (2005). The Psychological
Capital of Chinese Workers: Exploring the Relationship with Performance. Journal
Of Management and Organization Review, 1 (2), 249–271.
Luthans,
F., Avey, J. B, Avolio, B. J., Norman, S. M., & Combs, G. M. (2006).
Psychological capital development: toward a micro-intervention. Journal
of Organizational Behaviour, 27, 387–393.
Luthans,
F., Norman, S. M, & Avolio, B. J., & Avey, J. B. (2008). The Mediating
Role of Psychological Capital in the Supportive Organizational Climate –
Employee Performance Relationship. Journal of Organizational
Behavior, 1-46.
Mortazavi,
S., Yazdi, S. V., & Amini, A. (2012). The Role of the Psychological Capital on
Quality of Work Life And organization performance. Interdisciplinary
Journal Of Contempory Research In Business, 4 (2), 206-217.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar